Jumat, 20 Agustus 2010

CETAK UV

Keunggulan & Kelebihan Cetak UV
Alasan perusahaan percetakan untuk terjun ke percetakan UV (ultra violet) umumnya dimulai oleh permintaan pasar atas kualitas cetak yang tinggi. Dalam cetak UV, tinta khusus dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menerima radiasi UV, yang berfungsi mengeraskan permukaan dan mematangkan lapisan coating diatas material cetak (kertas dan plastik).
Keunggulan & Kelebihan
Ada 3 keunggulan dari cetak UV, ditinjau;
1. Printability
Hasil dari cetak UV sangat mencengangkan secara visual yang mempunyai tingkat kilap yang sangat tinggi, atau lapisan coating yang dull (redup) tergantung jenis coating yang dipakai; warna cetak lebih kuat dan kontras yang menonjolkan detil gambar, bahkan mampu dilakukan pada kertas uncoated.
2. Runnability
Yang paling terpenting buat perusahaan percetakan sendiri adalah cepatnya proses percetakan – turnaround – anda bisa langsung melakukan cetak kedua di sisi kedua tanpa harus menunggu, kemudian proses pemotongan, pelipatan dan pengiriman ke pelanggan dalam satu tarikan pekerjaan – tanpa ada waktu jeda yang berarti, ini disebabkan oleh cepatnya proses pengeringan.
3. Kualitas Premium
Hasil akhir produk sendiri sangat bagus sebab material cetak tahan air, goresan dan tidak berbekas walau dipegan tangan yang yang lembab.
Dengan memiliki cetak UV banyak perusahaan merasa mereka mempunyai suatu keunggulan usaha, sebab mereka dapat memposisikan sebagai percetakan papan atas, dimana pesaing tidak dapat melakukan apa yang mereka bisa tawarkan ke pelanggan.
Pertimbangan Memilih Cetak UV
Namun banyak penyesuaian yang harus dilakukan untuk pindah ke cetak UV sebab sangat berbeda dengan cetak konvensional offset. Ada banyak pilihan UV yang semuanya relatif mahal. Secara umum UV ink lebih abrasif sehinggan roll cetak, blanket dan plat lebih cepat aus. Percetakan juga harus siap dengan ruangan operasi yang lebih luas, listrik yang cukup, dan sistim sirkulasi udara yang bagus karena sifat UV ink yang baunya relatif menyengat, butuh banyak listrik untuk sistim radiasi.

Ada beberapa pertimbangan dan alasan mengapa perusahaan percetakan terjun dan masuk ke cetak UV. Anda bisa belajar dan melihat keuntungan yang diraih dibawah ini.
1. Kemampuan cetak UV in-house
Pertimbangan pertama biasanya keinginan untuk memiliki kemampuan sendiri mempunyai cetak UV. Lebih efisien daripada harus dilempar keluar, dimana semua proses pekerjaan dilakukan sendiri dan mempunyai waktu proses lebih pendek karenanya.
2. Keunggulan Kompetisi
Dengan cetak UV anda dapat mencetak kertas dan plastik sama baiknya, mesin cetak offset biasa tidak dapat dengan gampang dan efisien melakukan cetak diatas plastik. Dengan cetak UV percetakan dapat melakukannya dalam satu tarikan proses kerja tanpa harus melakukan berulang disebabkan menunggu tinta kering. Terlebih bila harus mempunyai cetak tinta metalik atau memproduksi efek kilap-redup (gloss-dull), percetakan bisa menggunakan tanpa plat polimer samasekali. Umumnya jenis cetak ini dilakukan pada material plastik, foil, sintetik, dan static-cling. Kemampuan cetak seperti ini dapat sangat memuaskan para pelanggan yang peduli dengan kualitas desain yang premium, dan akan sulit untuk ditiru oleh pesaing dan tentunya mempunyai nilai jual yang premium juga.

Pekerjaan rumit seperti dibawah ini dilakukan dalam satu tarikan process percetakan;
1. Multiple cetak warna putih yang opaque diatas holographic foil; Warna putih dicetak dan matang diatas mesin, kemudian dicetak diatasnya dengan 6 warna Hexachrome dan di lapisi UV dengan tingkat kilap diatas 95 derajat atau lebih.
2. Cetak spot warna perak UV dilakukan pada unit nomor dua, diikuti dengan 2 proses cetak 4 warna dan 2 spot warna, yang dimatangkan atau dikeringkan diatas warna perak yang membuat penampkan perka yang luar biasa. Dan terakhir masih dicetak lagi dengan aqueous coating sebagai sentuhan akhir cetak. Lampu interstation (antar unit) memungkinkan proses ink trap diatas warna perak.

Tentu penanganan semua jenis cetak yang kompleks diatas membutukan proses waktu dan perlu dilakukan terus menerus, namun dapat dilakukan sebab proses cetak UV diatas kertas umumnya sudah terdesain dalam satu paket (turn-key) antara mesin cetak, tinta dan coating. Walaupun anda butuh waktu lebih lama bia mencetak diatas material plastik seperti polypropylene yang di-foil stamped, dengan 2 warna putih dan 6 warna, dimana 6 warna tercetak diatas warna putih, foil dan material platis, plus UV coating.
3. Konfigurasi fleksibel mesin cetak
Mesin cetak hybrid yaitu mesin cetak konvensional biasa yang dlengkapai dengan konfigurasi UV. Misalnya mesin cetak 8 color (Heidelberg CD 102) yang mempunyai station docking diantara unit cetak dapat dipasang dengan 4 pengering UV station dimana bisa di on-off sedemikian rupa tergantung keperluan pekerjaan cetak.
Cetak hybrid ini membutuhkan waktu pergantian 1.5 – 2 jam antara blanket jenis UV dan konvensional, sudah termasuk dengan pekerjaan makeready (persiapan cetak). Mesin hybrid relatif lebih murah dinading dengan sistim “full interdeck UV curing”. Serta perusahaan percetakan bisa fleksible menggunakan mesin sesuai kebutuhan pekerjaan cetak, khususnya bila pekerjaan UV tidak terlalu dominan, atau bila anda dalam tahap awal membangun bising cetak UV.
Jumlah unit pengering UV tergantung dengan jumlah unit cetak dari mesin cetak. Bisa juga hanya 2 unit pengering UV karena unit station docking cetaknya sedikit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar